Minggu, 23 Juni 2013

cara mudah lolos stis

 cara mudah lolos stis

Dari judul blog ini yang lumayan panjang ini mungkin udah bisa ditebak maksud dari penulis blog ini dan juga pengunjung blog ini.. Saya tahu dan bisa membaca pikiran saudara saudara bahwa maksud dari mengunjungi blog ini tidak lain tidak bukan adalah....... Mau bilang pada saya: "Udah gak usah Basa Basi!! Tutup poin Aja!!"
STIS ====> Bacanya eS Te I eS bukan SeTIS... Please dah waktu MAGRADIKA (Nama Ospek di STIS, lupa kepanjangannya apa) Sering dapet hukuman gara gara keceplosan bilang SeTIS

Inilah gambar yang menggambarkan sedikit gambaran tentang STIS:




Dan ini dia enaknya kalau masuk STIS:



Okelah, cukup sekian saja untuk 'motivasi'nya... sekarang kembali ke judul.. Saya akan menyampaikan Trik jitu bisa menembus USM STIS yang saya kutip (Bahasa Kerennya Copy Paste ^^v)dari http://www.ukmbimbelstis.com/2012/12/tips-dan-trik-lulus-ujian-masuk-stis_30.html

Sebelum itu saya jelaskan dulu mengenai beberapa syarat yang harus temen-temen penuhi sebelum mengikuti tes USM STIS yaitu pastikan temen2 adalah lulusan SMA/MA dari program IPA dan nilai untuk mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris semester 1 minimal 7,00 dan itu bukan hasil pembulatan (referensi persyaratan USM STIS tahun 2012/2013), untuk lebih lengkapnya temen-temen bisa lihat disitus resmi STIS (stis.ac.id) Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk menghadapi ujian masuk STIS tahap 1:

Fokus pada Tahap 1
Seperti yang kami sampaikan pada pembahasan sebelumnya, tes masuk STIS dibagi menjadi 3 tahap, pada masing-masing tahap menggunakan sistem gugur sehingga temen-temen harus berusaha lebih keras dan cerdas. Berdasarkan hasil pengamatan yang kami lakukan kebanyak kegagalan melewati tahap 1 karena konsentrasinya terpecah, diidentifikasi salah satu penyebabnya karena terlalu terpikirkan dengan tes tahap 2 atau 3 sehingga ketika mengerjakan tes tahap 1 kurang maksimal.

Jaga Kondisi Fisik
Jagalah kondisi fisik temen2 untuk menghadapi tes tahap 1 dengan tidur lebih awal (jangan begadang) dan kalau bisa minum vitamin atau buah-buahan beberapa hari sebelum tes untuk menjaga kondisi badan temen2 karena perlu temen2 ketahui ketika nanti tes, temen2 akan mengerjakan soal2 tersebut secara maraton atau tanpa istirahat sehingga perlu fisik yang fit . 

Survai Tempat Pelaksanaan Ujian
Menyurvai tempat pelaksanaan ujian mungkin terlihat remeh, namun demikian sesungguhnya itu penting karena dengan kita menyurvai tempat pelaksanaan ujian, kita akan cepat berdaptasi dan nantinya ketika ujian kita sudah tidak merasa asing dengan tempat tersebut sehingga ketika kita mengerjakan soal2 USM dengan lebih maksimal. 

Mempersiapkan Perlengkapan dan Datang Paling Lambat 30 Menit Sebelum Pelaksanaan
Usahakan temen2 sudah mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk tes seperti alat tulis dan kartu peserta sejak semalam sebelum tes. Selain itu usahakanlah temen2 untuk datang ke tempat tes sebelum tes dilaksanakan karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap keadaan psikis temen2. 

Menenangkan Otak Sebelum Ujian
Kalau bisa ketika temen2 sudah berada di tempat tes, temen2 jangan membuka buku atau catatan2 lain, lebih baik waktu tersebut digunakan untuk berdoa dan menenangkan otak karena otak juga perlu istirahat sebelum bertanding. Sebenarnya hal ini juga merupakan perang mental sebelum bertanding, ketika orang lain melihat temen2 dalam kondisi yang tenang, hal tersebut dapat membuat memental peserta lain akan berkurang. Oleh karena itu jagalah mental temen2 sebelum dan ketika ujian sedang berlangsung. 

Perhatikan Bobot Nilai Masing-masing Mata Pelajaran yang Diujikan
Oh ya temen2 udah taukan materi yang diujikan pada tahap 1? Ya, pada tahap 1 ini temen2 akan dihadapkan pada 3 mata ujian yaitu matematika, bahasa Inggris dan pengetahuan umum dengan jumlah soal dan waktu tertentu.Masing-masing mata ujian jika dijawab benar mendapatkan nilai 4, salah -1 dan tidak dijawab 0, namun demikian ada informasi yang menyebutkan jika masing-masing mata ujian memiliki bobot nilai yang berbeda-beda, untuk matematika memiliki bobot 3, bahasa Inggris 2 sedangkan Pengetahuan Umum 1. Masih bingung? Ayo lihat visualisasinya pada grafik berikut:

 
Sumber: Dokumen

Penulis Jika pernyataan mengenai masing-masing mata ujian memiliki bobot nilai yang berbeda-beda adalah benar, maka total nilai yang didapat temen2 jika menjawab semua soal dengan benar yaitu 1440 (pasti keren yah kalau temen2 dapat nilai segitu :D), nilai tersebutberasal dari matematika 720 poin, bahasa Inggris 480 poin sedangkan pengetahuan umum 240 poin. Mengerjakan Soal yang Mudah Terlebih Dahulu Temen2 tau kan waktu yang diberikan sangatlah singkat? Oleh karena itu, janganlah berpikir untuk mengerjakan semuanya tapi pilihlah soal-soal yang menurut temen-temen bisa dan yakin benar (yakin 90% benar). Strategi Belajar dan Mengerjakan Soal USM tahap 1
1. Soal Matematika
 
Wah ketemu lagi sama matematika… apakah itu eskpresi temen2 ketika melihat soal matematika hhe, sebenarnya tidak ada yang sulit, yang membuat kita sulit adalah pikiran kita sendiri so kita harus optimis maka Tuhan akan memberikan jalan untuk kita. Pada tahap 1 ini temen2 akan diberikan 60 soal matematika dan temen2 hanya diberikan waktu 90 menit. Oleh karena itu temen-temen harus cermat dalam memilih soal, kerjakanlah soal yang dirasa bisa dan kerjakanlah dengan teliti dan cepat. Materi yang yang perlu temen2 persiapkan yaitu integral, limit, diferensiasi (turunan), fungsi, persamaan dan pertidaksamaan variabel, barisan dan deret geometri, barisan dan deret aritmatika, logaritma natural, trigonometri, dll. Dalam menghadapi soal matematika temen2 harus banyak berlatih mengerjakan soal2 USM tahun–tahun sebelumnya, ingat jangan hanya sekedar paham, temen2 juga harus mencari cara cepat untuk mengerjakannya. Ketika nanti temen2 sudah diberi soal oleh pengawas saat ujian jangan lupa berdoa dulu dan kerjakanlah soal-soal yang dirasa bisa. Jangan menyerah dengan soal2 yang terlihat rumit, justru soal2 yang terlihat rumit biasanya penyelesainya sederhana so jangan lupa cari cara cepatnya dan biasanya soal-soal yang mudah ada di bagian tengah. Ingat matematika memiliki porsi yang cukup besar namun demikian hal tersebut jangan dijadikan beban, untuk amannya temen-temen usahakan bisa mengerjakan setengahnya (30 soal atau lebih)dan dalam mengerjakan soal matematika janganlah terlalu berambisi untuk mengerjakan semuanya, kerjakanlah yang yakin benar saja (yakin 90% benar).
2. Soal Bahasa Inggris
Jumlah soal bahasa Inggris jika mengacu soal USM tahun 2012/2013 yaitu sebanyak 60 soal yang terdiri dari 40 soal structure, 10 soal vocabulary dan 10 soal reading, soal2 tersebut dikerjakan dalam waktu 60 menit. Strategi mempelajari soal stracture yaitu temen2 bisa mempelajari soal2 structure pada buku persiapan SNMPTN kalau bisa yang ada pembahasan dan materi perbabnya karena berdasarkan pengalaman banyak soal yang ada di buku soal2 tersebut yang dikeluar di tes USM STIS, adapun materi structure yaitu Tenses, Passive Voice, Auxiliary, Reported Speech, To Infinitive, Gerund, Participle, Conditional Sentence, Causative, Adjective Clause, Derivation, Shortened Clause, Conjuction, Concord, Eliptical, etc. Strategi untuk mempelajari vocabulary yaitu temen2 harus membiasakan diri membaca artikel2 dalam bahasa Inggris untuk memperbanyak kosakata, selain itu dapat juga disiasati dengan mempelajari (kalau bisa dibuat catatan) soal2 vocab yang pernah dikeluarkan baik di soal USM STIS maupun soal2 SNMPTN karena biasanya ada soal yang dikeluarkan atau sama. Sedangkan strategi untuk mengerjakan soal reading yaitu temen2 harus dapat mengetahui maksud dari teks yang disajikan dan memperbanyak vocab karena biasanya selain kita disuruh menentukan judul, true/false, informasi dari teks tersebut dan biasanya muncul juga soal vocab. Dalam mengerjakan soal bahasa Inggris usahakan temen2 mengerjakan semaksimal mungkin kalau bisa 50 soal atau lebih, dan jangan lupa kerjakanlah yang bisa dan yakin benar.
3. Soal Pengetahuan Umum
Jumlah soal pengetahuan umum jika mengacu soal USM tahun 2012/2013 yaitu sebanyak 60 soal dan diberikan waktu 60 menit. Materi soal pengetahuan umum sangat beragam dan setiap tahunnya hampir berbeda. Namun demikian biasanya soal pengetahuan umum berisikan pengetahuan tentang BPS dan STIS, sensus, UUD, Pancasila, PKn, sosiologi, berita terkini, teknologi, dan informasi tentang Indonesia. Maka dari itu perbanyaklah membaca dan dalam mengerjakan soal pengetahuan umum, usahakan temen2 mengerjakannya semaksimal mungkin, namun demikian jika memang temen2 tidak tahu jawabannya mending jangan dijawab, untuk amannya usahakan kerjakan 50 soal atau lebih. Tips dan trik yang terakhir yaitu m intalah doa dan ridho orang tua sebelum dan sesudah ujian, serta serahkan semuanya kepada Tuhan, dekatkan diri dengan Tuhan dan berbuat baiklah kepada orang lain. Tips dan triks yang kami sampaikan disini hanya satu dari sekian banyak tips dan trik yang ada so jangan lupa baca juga tips dan trik dari referensi lain untuk menambah wawasan temen2 okk. Salam sukses! Semangat ^_^

0 komentar:

Posting Komentar